Monday 12 December 2011

tulisan-tulisan 'indah'

Alangkah indahnya bila kita bisa menulis dimanapun kita berada. Tulisan yang mengalir yang datangnya dari sinkronisasi antara otak dan hati dengan sarana jari-jemari, yang dengannya sang penulis dapat merasa 'terbebaskan' atas ide-ide yang mengalir tak tersampaikan.

Menulis adalah hak. Hak dari seseorang yang pendapatnya ingin di dengar, yang ide-idenya ingin tersalurkan, yang keberaniannya mengalahkan kepengecutannya. Namun menulis juga memiliki kewajiban. Kewajiban untuk menghargai hak-hak orang lain, kewajiban untuk tidak melanggar aturan-aturan Tuhan.

Tulisan ibarat seorang wanita yang ingin di hargai, layaknya seorang anak kecil yang ingin di dengar, layaknya orang tua yang ingin di hormati dan sepantasnya memiliki posisi yang tinggi sebagai hasil karya manusia.

Namun beberapa orang masih tidak menghargai tulisannya, tidak memberikannya posisi yang tinggi dengan membiarkannya keluar bukan dari otak dan hati melainkan dari nafsu dan ego. Juga meletakkannya di posisi yang rendah dengan menuliskannya di tempat-tempat yang tidak seharusnya sebagai upaya-upaya vandalisme.


Uang sebagai salah satu barang berharga, yang seharusnya benar-benar berharga, menjadi tidak berharga bila begini jadinya. Bagaimana akan menghargai hal yang lain bila barang berharga saja tidak di hargai. Tak heran bila bangsa lain lebih maju karena mereka tidak akan 'menghargai' barang berharga ini bila dalam keadaan terlipat apalagi tertulis seperti ini.

Yah tidak bisa di pungkiri saya sendiripun masih belum benar-benar menghargai barang berhaga tersebut. Sebagai introspeksi dan informasi mengenai uang disini. Mudah-mudahan dapat lebih menghargai barang berharga itu dan juga menghargai tulisan-tulisan indah yang telah kita rangkai. :)

6 comments: